Akses Informasi Masyarakat Desa Hargomulyo melalui Watshap Center Pemdes Hargomulyo ke 085852047287

Artikel

Destinasi Upacara Adat Makam MBAH SRIWING

03 Desember 2021 04:21:44  Admin Desa  275 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sedekah bumi adallah suatau upacara adat turun temurun yang melambangkan rasa syukur penduduk terhadap bumi yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi,.

Sedekah Bumi Desa Hargomulyo Dusun Mayang Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro, ini sudah merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan pada HARI RABU PAHING. Sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan yang Maha Esa dan sekaligus Juga sebagai Doa permohonan masyarakat Dusun Mayang Desa Hargomulyo, karena telah diberikan keselamatan, kesehatan, rezeki yang melimpah serta dijahukan dari bala atau wabah yang melanda Desa Hargomulyo.

Sedekah Bumi ini sudah dipersiapkan sebulan sebelum dilaksanakan. Pemerintah desa mengadakan musyawarah desa yang dihadiri oleh lembaga lembaga desa, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama secara perwakilan dan perwakilan dari perempuan. dalam musyawarah itu dicapai mufakat untuk kapan dan bagaimana akan dilaksanakan di tingkat desa, tingkat dusun dan tingkat Rukun Tetangga. Dan pembagian peran siapa melakukan apa. Selanjutnya para Kepala Dusun mengundang kepada para Ketua RT dan Ketua RW di tingkat dusun untuk membahas pelaksanaan di tingkat dusun. Dan selanjutnya para Ketua RT melanjutkan musyawarah di tingkat lingkungan RT terkait bagaimana pelaksanaan di tingkat lingkungan RT dan rencana anggaran biaya serta prosesnya. Pada musyawarah di tingkat RT ini juga pembentukan panitia sedekah bumi tingkat lingkungan RT.

Dalam acara Sedekah Bumi setiap lingkungan memasak hasil bumi yang dimasukan di dalam Dondang (Wadah Persembahan) serta menyiapkan serangkaian sesaji untuk leluhur di Desa Hargomulyo. Setelah proses memasak selesai, panitia tingkat dusun membunyikan kentongan sebagai tanda bahwa proses ritual Sedekah bumi sudah dapat dimulai dan sekaligus sebagai tanda mengundang warga masyarakat untuk berkumpul di tempat yang telah disiapkan. Diawali dari pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dusun, sambutan dari sesepuh desa, terakhir doa bersama dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan seserahan sedekah Bumi.

 

Penulis : Hariyani*


Hargomulyo, 03 Desember 2021

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial